panduan belajar kelompok

Belajar kelompok bagi seorang mahasiswa merupakan kegiatan yang sangat penting. Belajar kelompok akan menambah wawasan, melatih mengeluarkan pendapat dan membangun argumen untuk dapat mempertahankan pendapatnya secara ilmiah dan logis. Selain itu, belajar kelompok juga meningkatkan ketrampilan dan kemampuan kerjasama seorang mahasiswa. Hal ini akan mendukung keberhasilan bekerja kelak dikemudian hari. Bagaimana membangun relasi, tim kerja yang solid serta kekompakan itulah modal bagi mahasiswa nanti ketika sudah bekerja. Untuk membantu membangun kekompakan kelompok belajar dan bagaimana menjadi kelompok belajar yang dapat mendukung keberhasilan kuliah mahasiswa maka dibantu dengan menggunakan kerja kerja laporan aktifitas kelompok belajar. Berikut ini langkah-langkah untuk berhasil dalam perkuliahan :

  1. Setiap bacaan perkuliahan sebagaimana disebutkan pada jadwal perkuliahan harus sudah dibaca sebelum mengikuti kuliah.
  2. Setiap mahasiswa wajib membawa buku/modul/hands out/bahan ajar, kalkulator dan alat tulis sendiri setiap mengikuti perkuliahan.
  3. Setiap mahasiswa diwajibkan membentuk dan memiliki kelompok belajar dan anggotanya maksimal 5 orang.
  4. Setiap kelompok belajar diwajibkan memiliki rencana kegiatan belajar bersama pada mata kuliah ini selama satu semester.
  5. Setiap mahasiswa wajib menjaga kebersihan, ketertiban dan kenyaman kelas selama perkuliahan berlangsung.
  6. Setiap mahasiswa wajib bertanggungjawab terhadap segala tindakan yang dilakukan.

Lampiran: Laporan Aktivitas Kelompok Belajar

Tabel 1. Anggota Kelompok

Judul Kegiatan :
Ketua Tim :
Anggota Tim Nomor Telepon
(Jika ada)
Alamat Alamat E-mail
(Jika Ada)

Tabel 2. Lembar Tugas

Judul Kegiatan :
Ketua Tim :
Anggota Tim :
Nama Tugas yang Menjadi Tanggungjawabnya Batas Waktu
Penyelesaian

Tabel 3. Jadwal Pertemuan

Judul Kegiatan :
Ketua Tim :
Angota Tim :
Tanggal Pukul Tempat Tujuan Pertemuan Topik Laporan Laporan Anggota

Tabel 4. Agenda Pertemuan

Tempat Pertemuan: Mulai Pukul :
Selesai Pukul:
Tanggal:
Judul Kegiatan :
Ketua Tim :
Anggota Tim :
Tujuan Pertemuan :
Schedul Kegiatan :
Kegiatan Tanggungjawab Anggota Komentar
Kegiatan yang Akan Datang:

Tabel 5. Evaluasi Pertemuan

Judul Kegiatan: Evaluator:
Tujuan Pertemuan: Mulai Pukul:
Selesai Pukul:
Kehadiran (KHD):
H = Hadir A = Absen I = Izin
Aktivitas (AKT):
PT = Penyelesaian Tugas KD = Kontribusi dalam Diskusi
KIP = Keterampilan Interpersonal
Ranking:
1 = Istimewa 2 = Sangat Bagus 3 = Bagus
4 = Perlu Perbaikan 5 = Jelek 6 = Sangat Jelek
Catatan: 

Bubuhkanlah ranking menurut Anda ke dalam tanda kurung ( ) yang tersedia di bawah ini dan berikanlah keterangan singkat untuk setiap rangking tersebut di sebelah kanan tanda kurung. Jika lembaran ini tidak cukup, Anda dapat menuliskannya di sebelah belakang halaman lembaran ini.

Anggota Tim KHD PT KD KIP Komentar Lain
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
( ) ( ) ( ) ( ) ( )

Tabel 6. Evaluasi Akhir Keseluruhan Kegiatan

Judul Kegiatan:
Ketua Tim :
Tanggal :
Evaluator:
Anggota Tim:
Aktivitas:
KHD = Kehadiran PT = Penyelesaian Tugas
KD = Kontribusi dalam Diskusi 

KIP = Keterampilan Interpersonal

Ranking:
1 = Istimewa 2 = Sangat Bagus 3 = Bagus
4 = Perlu Perbaikan 5 = Jelek 6 = Sangat Jelek
Catatan: 

Bubuhkanlah ranking menurut Anda ke dalam tanda kurung ( ) yang tersedia di bawah ini dan berikanlah keterangan singkat untuk setiap rangking tersebut di sebelah kanan tanda kurung. Jika lembaran ini tidak cukup, Anda dapat menuliskannya di sebelah belakang halaman lembaran ini.

Anggota Tim KHD PT KD KIP Komentar Lain
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
%d blogger menyukai ini: