Beranda > Uncategorized > Tantangan Profesi Akuntan Indonesia Menuju Tahun 2020

Tantangan Profesi Akuntan Indonesia Menuju Tahun 2020


Oleh: Syarief Basir, CPA, SH, MBA,Partner KAP Syarief Basir & Rekan

Pada 8-10 Desember 2010 di Jakarta telah dilangsungkan kongres akuntan Indonesia. Kongres yang dibuka oleh Wakil Presiden RI, serta keynote speech oleh Menteri keuangan RI diikuti oleh 1100 akuntan Indonesia yang mewakili sektor akuntan pendidik, akuntan manajamen, akuntan sector pemerintah dan akuntan publik.

Pada seminar-seminar selama kongres dibahas berbagai isu, antara lain tantangan akuntan Indonesia pada 10 tahun kedepan, serta kesiapan Indonesia melakukan konvergensi IFRS yang direncanakan nanti  pada tahun 2012 sudah memasuki tahap significant compliance in IFRS, serta full adoption ISA pada tahun 2013. Pembicara yang dihadirkan pada acara kongres adalah dari pembicara dalam negeri, maupun internatioanal. Pembicara internasional antara lain perwakilan dari ICAA, CPA Australia, ACCA, dan MIA,  Pembicara tamu tersebut diharapkan dapat mengungkapkan lesson learned dari proses konvergensi standar international di negara masing-masing.

Selama kongres disadari bahwa akuntan Indonesia kini menghadapi berbagai tantangan baru, baik tantangan yang datang dari dalam profesi maupun dari luar profesi. Dari dalam profesi tantangannya berupa banyaknya standar-standar baru yang harus diterapkan. Sejalan dengan konvergensi IFRS dan ISA, serta pronouncement lainnya yang diterbitkan IFAC, maka organisasi akuntan Indonesia terus menerus melakukan adopsi standar-standar tersebut, melakukan pendidikan kepada akuntan,  serta . melakukan sosialisasi kepada masyarakat, perguruan tinggi, industri, dsb.

Tantangan dari luar profesi datang dari berbagai pihak, mencakup tantangan meningkatnya tuntutan governance dari pihak pemakai jasa akuntan, regulasi yang lebih ketat oleh pemerintah, serta tantangan menjaga kepercayaan pemerintah ditengah-tengah masih sedikitnya jumlah akuntan publik di Indonesia.

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini, semakin banyak investasi ditempatkan di Indonesia, baik oleh investor dalam negeri maupun luar negeri. Demikian juga kredit perbankan tumbuh secara positif. Pada saat investasi dan kredit perbankan bergerak positif maka semakin tinggi tuntutan kepada akuntan untuk menegakkan governance. Akuntan dipadang sebagai salah satu pihak yang sangat kompeten untuk menjaga risiko investasi dan perkreditan dari investor atau kreditur. Kemudian, masih sejalan dengan tuntutan governance tersebut, pemerintah Indonesia kini aktif membuat peraturan untuk profesi akuntan publik. Pembatasan rangkap jabatan dan pemberian jasa, aturan quality control dan independensi sengaja dibuat untuk memenuhi tuntutan governance di satu sisi, namun disisi lain menjadikan profesi akuntan penuh dengan aturan.

Di sisi lain, tantangan juga timbul dari kepercayaan pemerintah pada akuntan publik yang merencanakan pada masa datang laporan audit diakui sebagai dasar perhitungan pajak oleh dirjen pajak. Tentu saja jika wacana ini dilaksanakan maka akan semakin besar peluang pasar jasa akuntan publik di Indonesia. Tantangan dari wacana pemerintah ini adalah jumlah akuntan publik masih sedikit. Saat ini jumlah akuntan publik baru 1100 orang dan jumlah KAP baru 400 kantor. Tentu jumlah ini sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah perusahaan sebanyak 16.000 dan penduduk Indonesia 240 Juta jiwa.

Tantangan-tantangan besar tersebut kini menjadi isu menarik yang didiskusikan oleh akuntan Indonesia. Namun tekad dan semangat terlihat dari kongres akuntan yang berlangsung pada tanggal 8-10 Desember adalah bahwa akuntan Indonesia akan melakukan berbagai langkah strategik agar dapat menghadapi berbagai tantangan, sekaligus menjadikan akuntan Indonesia lebih unggul baik dari segi kualitas maupun kuantitas***.

Tagged as:  Published by in: Auditing

Sumber : http:www.manajemenusaha.com/taggedas/published by in auditing, diakses tgl 4 november 2011:19.14.

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: